banner 468x60

Isu HAM Jadi Momok Prabowo Di Pilpres 2019

 politik
banner 468x60

Geliat pemilihan presiden 2019 diyakini mulai kembali menjadi pertarungan Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi). Meski belum ada pendaftaran resmi, beberapa nama tersebut digadang-gadang kembali bertarung bagi kedua kalinya setelah Pilpres 2014.

Meski begitu, pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto itu memiliki jalan terjal bagi menang dari Jokowi. Setidaknya, isu pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) bakal menghantui Prabowo.

“Sekarang belum kelihatan isu yg terjadi namun (pelanggaran) HAM mampu saja dilempar pihak lawan kepada Prabowo,” ujar Hendri kepada merdeka.com melalui sambungan telepon, Sabtu (14/4).

Latar belakang dugaan melakukan penculikan aktivis tahun 1998 oleh Prabowo yg ketika itu menjabat sebagai Panglima Kostrad tidak dipungkiri oleh Hendri menjadi momok untuk pemilih ketika ini meskipun cenderung pemilih milenial.

Dia juga mengatakan, pelanggaran HAM dapat menjadi isu sensitif untuk Prabowo. “Jadi kalau orang-orang kalau dibayang-bayangi dengan (pelanggaran) HAM agak malas juga,” ujarnya.

Sementara berkaca dari Pilkada DKI Jakarta dan Pilgub Jateng ketika ini yg menyinggung isu SARA, Hendri menilai isu tersebut tak mulai terjadi pada Pilpres 2019. Meski begitu, isu tersebut tetap membayang-bayangi seandainya salah sesuatu dari pihak keduanya memulai terlebih dahulu.

“Isu SARA tak mulai muncul kalau tak ada yg mulai, kemarin yg Jakarta kan ada kejadian pernyataan Ahok itu kan,” ujarnya. [rzk]

Sumber:

http://www.merdeka.com/politik/isu-ham-jadi-momok-prabowo-di-pilpres-2019.html

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply